Kamis, 27 April 2017

Hidup Ini Indah (Cerita Masa Mudaku / The Story of My Youth)


Aku bukanlah seorang musisi ataupun penyanyi. Tetapi, musik adalah bagian dari jiwaku dan lagu adalah bagian dari cerita dan kenangan dalam hidupku.

Hidup Ini Indah
(Cerita Masa Mudaku / The Story of My Youth)

Pelangi di Negriku (lagu pembuka, sampul depan) ,
Ceria di Alam Eksotis ,
Kasih Dalam Luka ,
Sunrise Harapan ,
Bintang Penyelamat ,
Sunset Pada WaktuNya ,
Cinta Jati  (lagu penutup, sampul belakang)


Lagu - lagu yang ku ciptakan ini, hanyalah lagu - lagu biasa yang begitu sederhana. Pengalaman hidupku dimasa mudaku, ku ukir dalam bentuk karya seni berupa lagu. Hanya sebuah gitar kopong yang menemaniku membuat lagu –lagu sederhana ini. Dan aku bukanlah seorang pemain gitar profesional, bahkan untuk mengakurkan dengan tepat senar gitar pun, aku tidak bisa. Alunan tangan dalam memainkan alat musik gitar pun, hanya seadanya menurut alunan nada didalam hatiku. Suara vokal disaat aku bernyanyi, adalah suara asliku apa adanya yang seperti suara knalpot vespa tua, karena aku bukanlah seorang penyanyi. Aku juga bukanlah seorang pujangga yang pintar merangkai kata. Karenanya itu, lirik atau syair yang terdapat didalam lagu – laguku itu, hanyalah kata - kata atau kalimat sederhana yang bersumber dari isi hatiku atas pengalaman yang terjadi dalam hidupku. Begitu juga dengan video klip yang kubuat untuk setiap lagu itu, hanyalah sebuah video klip biasa, karena aku bukanlah seorang videotor.
 Hidup Ini Indah adalah lagu - lagu sederhana ciptaanku,dalam album mini, Hidup Ini Indah. Hidup ini indah adalah album mini sebagai bentuk karya seniku, yang berisi lagu - lagu sederhana yang kuciptakan berdasarkan cerita hidupku sendiri di masa muda. Menceritakan tentang pengalaman masa mudaku, disekitar umur 25 tahun yang sangat menarik, berharga, bermakna, dan penuh warna - warni. Masa muda, masa yang penuh cerita, masa dimana aku menemukan titik balik hidup, masa dimana aku menemukan jati diri dan arti namaku, masa dimana menuju perubahan ke arah yang lebih baik. Penderitaan terbesar, beban mental dan perasaan terberat, pengalaman terbesar, kesuksesan terbesar, kesalahan terbesar, kekonyolan terparah, semuanya kunikmati dimasa mudaku. Album mini ini kubuat berawal dari cerita masa mudaku di dalam lagu sederhana Kasih Dalam Luka, dari situlah cikal bakal yang membuat diriku ingin mengukir masa mudaku dalam karya seni berbentuk lagu - lagu sederhana.
 Begitu banyak cerita hidup menarik dan warna -warni yang kualami ketika diriku masih kecil / ketika bersekolah. Tapi semua itu banyak yang tidak terdokumentasikan dan terlupakan termakan oleh usia. Jadi, pengalaman menarik, berharga yang kualami di usia muda, tidak ingin kusia - siakan untuk diriku mendokumentasikan dan ku abadikan dalam setiap lagu - lagu sederhana yang kubuat. Sehingga, ketika di usia senjaku nanti, lagu - lagu yang menceritakan pengalaman berhargaku di usia muda ini, ku dengar kembali dan video klipnya akan kulihat kembali. Blog sederhanaku ini "Hidup Ini Indah", akan menjadi saksi bisu yang menceritakan pengalaman di waktu diriku muda dulu. Sehingga diriku tidak harus melawan lupa di usia senja nanti tentang masa muda yang ku alami ini. Dan akan menjadi sesuatu yang menghibur dan sekaligus menggelikan buatku nantinya di usia senja nanti, ketika kubuka, kubaca dan kulihat kembali blogku ini yang menceritakan tentang pengalaman masa mudaku. Dan tentunya akan menjadi jejakku di waktu usia muda yang kutinggalkan untuk buyut / cicitku nanti, yang ingin melihat masa muda mbahbuyutnya ini. Inilah yang menjadi alasan ku juga, untuk membuat karya seni ini.
Pengalaman masa mudaku  pengalaman hidup yang sangat menarik, berharga, penuh makna dan berwarna – warni  inilah, yang kini ingin ku ukir dalam lagu – lagu sederhana. Banyak pesan, kesan dan makna hidup yang ku dapat dari pengalamanku itu. Aku ingin berbagi semua yang kudapat itu, dalam bentuk lagu - lagu sederhana ciptaanku itu. Sehingga, ketika diriku pergi meninggalkan dunia ini suatu saat nanti, aku tidak ingin pergi tanpa meninggalkan pesan, kesan, dan karya seni untuk dunia ini. Semua lagu – lagu sederhana yang kuciptakan berdasarkan kisah hidupku, sebagai bentuk dari karya seniku, yang ku bungkus dalam sebuah album mini, Hidup Ini Indah.
Lagu - lagu yang ku ciptakan ini, hanyalah lagu - lagu biasa yang begitu sederhana. Aku bukanlah seorang musisi, tapi semua pengalaman hidupku diusia muda ini, ingin ku ukir dalam bentuk karya seni berupa lagu. Hanya sebuah gitar kopong yang menemaniku membuat lagu –lagu sederhana ini. Dan aku bukanlah seorang pemain gitar profesional, bahkan untuk mengakurkan dengan tepat senar gitar pun, aku tidak bisa. Alunan tangan dalam memainkan alat musik gitar pun, hanya seadanya menurut alunan nada didalam hatiku. Suara vokal disaat aku bernyanyi, adalah suara asliku apa adanya yang seperti suara knalpot vespa tua, karena aku bukanlah seorang penyanyi. Aku juga bukanlah seorang pujangga yang pintar merangkai kata. Karenanya itu, lirik atau syair yang terdapat didalam lagu – laguku itu, hanyalah kata - kata atau kalimat sederhana yang bersumber dari isi hatiku atas pengalaman yang terjadi dalam hidupku. Begitu juga dengan video klip yang kubuat untuk setiap lagu itu, hanyalah sebuah video klip biasa, karena aku bukanlah seorang videotor. Berbagai sumber data dari mbah google, ku gunakan untuk mengisi video klip yang kubuat. Aku tidak begitu paham / mengerti tentang dunia musik / lagu, tapi dengan keterbatasan itu, aku ingin mengukir kisah hidupku ini dalam bentuk sebuah lagu.
Lagu – lagu sederhana yang ku ciptakan, memang ku keluarkan / ku rilis secara berlahan – lahan. Seiring berjalannya waktu, hari demi hari,selalu ku alami hal - hal aneh dan kekuatan pikiran yang membimbingku. Sehingga, ada kalanya, sesuatu ingin ku ku sampaikan disini hingga semua lagu selesai ku rilis.